Blog

5 Cara Membuat Toko Online Semakin Terpercaya

Pada umumnya, setiap pebelanja online hanya memerlukan 15 detik untuk menentukan apakah mereka ingin melanjutkan browsing pada suatu toko online, atau meninggalkannya. Sebagian dari keputusan itu dipengaruhi oleh kepercayaan mereka terhadap situs tersebut.

Kepercayaan pelanggan penting untuk membangun toko online yang sukses.

Karena semakin banyak bisnis online yang mampu menawarkan alternatif dari apa yang kamu jual, kamu perlu memastikan bahwa toko online kamu memiliki satu kriteria yang sebenarnya paling mendasar: kredibilitas yang tinggi. Kamu sendiri tidak perlu khawatir akan keamanan berbelanja jika menggunakan host bersolusi, tetapi dengan kemungkinan akan adanya penipuan, virus, malware, ataupun layanan yang tidak responsif, tentunya semua pebelanja online semakin berhati-hati dengan segala hal yang mereka klik.

Nah, bagaimana cara meyakinkan setiap pengunjung bahwa toko online kamu memang terpercaya? Coba ikuti langkah mudah berikut untuk membuat toko online-mu sendiri semakin terpercaya.

 

1. Tampilkan desain yang kuat

Pastinya setiap orang akan memilih untuk mengunjungi situs dengan tampilan desain yang menarik dan powerful. Yang dimaksud dengan kata powerful ini adalah penggunaan layout, visualisasi, dan kata-kata yang membuat pengunjung situs langsung memahami karakter brand kamu dan semakin berminat untuk mencari tahu lebih lanjut -- sebelum akhirnya melakukan pembelian. Pilihlah tampilan yang rapi, bersih dan fungsional, khususnya pada home page atau halaman utama. Semakin ringkas tampilannya, semakin mudah bagi para pembeli untuk mengikuti navigasi kamu. Hindari penggunaan stock photo yang terkesan ‘murah’ dan font yang sulit dibaca atau dapat mengurangi kesan profesional.


Camera, Action


2. Pastikan situs selalu up-to-date

Selain desain yang kuat, pastikan untuk menjaga akurasi seluruh informasi yang dimuat seperti data produk, shipping, dan nomor kontak sehingga pengunjung tidak akan mempertanyakan kredibilitas situs kamu. Tidak ada salahnya untuk mengecek kembali seluruh konten secara berkala dan memastikan tidak ada informasi yang bersifat misleading bagi para pengunjung.


source: www.babylonish.comSource: http://www.babylonish.com


Jika kamu menampilkan promo yang hanya berlaku sampai periode terbatas, perhatikan tanggal promo tersebut berakhir. Jangan sampai kamu memasang iklan yang sudah tidak berlaku lagi, (apalagi kalau terpampang pada halaman utama!), karena hal tersebut dapat memberikan kesan bahwa bisnis kamu kurang tanggap, dan dengan demikian, kurang terpercaya.


3. Berbagi testimoni dari pembeli

Terkadang, untuk mendapatkan kepercayaan kamu harus bisa membuktinya. Suatu hal yang dapat kamu aplikasikan adalah dengan memasang testimoni dari pembeli yang sudah berbelanja di toko online kamu sebelumnya, sehingga para pengunjung akan mempercayai bahwa produk dan layanan yang kamu berikan sangat baik -- atau memang yang terbaik.


source: www.benscrub.comSource: http://www.benscrub.com


Di saat bisnis kamu belum memiliki jumlah pembeli yang memadai, ada baiknya untuk menyisihkan sebagian dari modal kamu untuk menggunakan jasa endorser. Pilihlah yang mampu memberikan testimoni terpercaya kepada followers mereka, sehingga nama brand kamu akan terangkat secara lebih efektif dan sesuai target.


4. Tunjukkan kamu aktif di dunia online

Sering kali pebelanja melakukan verifikasi terhadap toko online kamu melalui platform pendukung seperti media sosial dan blog. Frekuensi posting dan kapan kamu terakhir melakukan posting dapat mempengaruhi penilaian mereka akan keaktifan kamu dalam mengurusi toko online. Apa bener online store itu masih berjalan, kalau terakhir posting di instagram saja sudah sebulan yang lalu?

Free Source Image

Untuk mempermudah akses pengunjung ke media sosial, kamu bisa memasang feed dari Twitter, Facebook, atau Instagram yang langsung menunjukkan konten dan frekuensi interaksi kamu. Kalau kamu merasa kehadiran feed akan mengganggu tampilan situs, kamu juga memiliki opsi untuk memasang social media buttons agar tetap memudahkan akses mereka ke toko online kamu.


5. Mudahkan pengunjung untuk menghubungi kamu 

Hal terakhir yang kamu inginkan adalah kehilangan minat pengunjung cuma karena kamu sulit dihubungi. Kalau kamu memang bisnis yang terpercaya, kenapa dihubungi saja sulit?

Dengan memasang forum kontak dengan detail yang jelas, kamu sudah memberikan opsi bagi para pembeli untuk menghubungi kamu jika membutuhkan verifikasi mengenai produk atau bisnis kamu secara keseluruhan. Selain alamat (kalau berlaku) dan nomor telfon, kamu juga bisa mengintegrasikan sistem live chat sehingga semakin memudahkan mereka untuk mendapatkan akses ke customer support. Seringkali pengunjung merasa ‘repot’ jika harus menanyakan pertanyaan yang sebenarnya cukup singkat melalui telepon atau email.

Perlu kamu pastikan bahwa waktu operasional live chat kamu tertulis dengan jelas; jangan sampai mereka mengharapkan jawaban yang cepat di luar jam kerja. Layanan yang cepat dan tanggap berperan penting dalam membangun kredibilitas suatu toko online. Dengan memberikan opsi live chat di mana pengunjung dapat menerima jawaban dalam estimasi waktu yang diharapkan, kamu sudah selangkah lebih maju untuk memenangkan kepercayaan mereka.


source: www.naauty.com

 Source: http://www.naauty.com


Cukup mudah, bukan? Setiap fitur yang ditawarkan SIRCLO pun semakin memudahkan kamu untuk mengimplementasikan 5 cara di atas demi meningkatkan kredibilitas toko online-mu sehingga semakin sukses. Subscribe bersama kami dan nikmati 30 hari trial gratis di mana kamu bisa bereksperimen sepuasnya!

 

 

Related Posts

Build your online shop in just 1 minute Create Shop